advertisment

visitors

Selasa, 18 September 2012

LEBIH JAUH DENGAN BASIS DATA


 Basis data adalah kumpulan dari berbagai data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Basis data tersimpan di perangkat keras, serta dimanipulasi dengan menggunakan perangkat lunak. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi dari tipe data, struktur dan batasan dari data atau informasi yang akan disimpan. Database merupakan salah satu komponen yang penting dalam sistem informasi, karena merupakan basis dalam menyediakan informasi pada para pengguna atau user .
Data adalah fakta mentah yang belum diolah untuk mempunyai makna.
Informasi merupakan hasil data yang telah diproses yang sudah mempunya informasi yang bermanfaat.

Untuk membedakan cara pandang pemakai terhadap data base, terdapat 3 tingkat dalam arstektur sistem basis data,  yaitu :
    1. Tingkat Eksternal (External Level)
      Cara pandang user terhadap database. Tingkat eksternal terdiri dari sejumlah cara pandang yang berbeda dari sebuah database.
    2. Tingkat Konseptual (Conseptual Level)
      Kumpulan cara pandandang terhadap database. Pada tingkat ini  menggambarkan data yang disimpan dalam database dan berhubungan antara datanya.
    3.  Tingkat Internal (Internal Level)
       
      Perwujudan database dalam komputer.  Tingkat ini menggambarkan bagaimana database disimpan secara fisik didalam peralatan storage yang berkaitan erat dengan tempat penyimpanan/physical storage.
Arsitektur basis data merupakan suatu kumpulan data yang tersimpan secara sistematik dimana pengguna dapat melihat data dan bagaimana cara pengguna melihat data tersebut. Arsitektur ini juga berfungsi memberikan kerangka kerja bagi pembangunan basis data.
Ada 3 sistem yang ada pada arsitektur basis data.
1.      Sistem Tunggal (Stand Alone)

2.      Sistem Tersentralisasi (Centralized System)

3.       Sistem Client Server

SQL, dBase, QUEL merupakan bahasa yang digunakan dalam sistem basis data yang menghubungkan antara pengguna dan sistem. Bahasa tersebut telah diatur oleh DBMS.
 Bahasa dalam database diatur dalam 2 bentuk, yaitu data definition language(DDL) dan data manipulation language(DML).
* Data Definition Language (DDL) >  dapat membantu kita dalam membuat tabel baru, indeks bahkan menentukan strukur penyimpanan tabel.
*Data Manipulation Language (DML) > berguna untuk melakukan manipulasi dan pengambilan data pada sistem basis data. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar